Jumat, 22 Januari 2010

Apa itu "Sistem Area"?

Apakah “ Sistem Area “ atau “Area Belajar” itu ?

Adalah pendekatan yang sangat efektif yang dikembangkan dalam pembelajaran secara individu. Pendekatan ini sangat membantu anak dalam mengumpulkan benda-benda yang telah disusun disekitar satu atau lebih dimana anak dapat berinteraksi dengan media tersebut. Dengan demikian kemampuan anak dalam belajar lebih optimal, anak lebih sibuk bergerak melakukan atau aktif belajar yang telah dipilihnya. Dengan system area ini pengalaman belajar anak lebih banyak dan anak lebih kreatif.

Mengapa menggunakan “ Sistem Area “?

Setiap anak yang dilahirkan adalah unik dan punya banyak perbedaan, satu dengan yang lain tidak akan sama. Oleh karenanya muncullah pendekatan pembelajaran dengan menggunakan system area sebagai antisipasi terhadap perbedaan cara belajar, motivasi, kemampuan dan minat anak. Sehingga anak dapat membuat kesimpulan sendiri dari setiap hal yang dipelajarinya.

Sistem Area ini menuntut guru lebih kreatif dalam memilih kegiatan dan mengkonstruksi area yang atraktif. Guru adalah fasilitator, anak yang kurang mampu harus dimotivasi dan yang lebih diberi kegiatan yang lebih memacu semangat belajar. Ada beberapa kegiatan yang bisa dipilih anak untuk area ini :


1. Permainan dalam bentuk board.
2. Kartu perintah
3. Permainan kartu
4. Benda-benda tiruan
5. Tape dan rekaman
6. Aktivitas seni (panggung boneka)
7. Puzlle

Bagaimana mengorganisir “ Area “?

1. Tentukan penjadwalan.
2. Motivator catatan perkembangan siswa.

Macam – macam “ Area “ :

1. Area Pasir dan Air
2. Area Drama
3. Area Membaca dan Menulis
4. Area Bahasa
5. Area IPA / sains
6. Area Musik
7. Area Agama / Ibadah
8. Area Balok
9. Area Matematika
10. Area Seni, motorik halus.

Demikian sedikit penjelasan “ Sistem Area “ semoga bermanfaat, mau mencoba???? Salam(n)

0 komentar:

Posting Komentar