Sabtu, 09 Januari 2010

Senam Otak (Bag.1)


Tanpa stimulasi tepat, milyaran sel otak belum tentu bersinergi optimal. Mau tahu salah satu cara meningkatkan kinerja otak? Inilah jawabannya.

MENGOPTIMALKAN OTAK

Meski manusia memiliki bermilyar-milyar sel otak baru sebagian potensinya yang di gunakan padahal kerja otak dapat dioptimalkan salah satunya yang disarankan ahli adalah dengan melakukam senam otak selain stimulasi yang tepat oleh lingkungan terdekat. Senam otak diyakini mampu meningkatkan kinerja otak kanan dan kiri, mejembatani otak kiri dan otak kanan dalam membentuk sinergi, juga menghindari anak dari stress.

Tentusaja stimulasi otak perlu dibarengi asupan nutrisi lengkap yang tepat porsinya. Bagaimana memenuhinya? Perhatikan gizi ibu dan bayi sejak dalam kandungan. Hindari makanan yang mengandung zat pengawet, pewarna, alcohol atau zat kimia lain yang berbahaya. Hal ini untuk menjaga pertumbuhan sel-sel otak. Otak anak mencapai pertumbuhan dan perkembangan paling pesat saat di usia dua tahun . Lalu di lanjutkan di usia berikutnya dengan laju yang lebih lambat. Untuk pembentukan jaringan sel-sel otak, dibutuhkan asam lemak poly unsaturated fatty acid atau asam lemak tidak jenuh rantai panjang. Yang termasuk asam lemak tidak rantai panjang adalahDHA (Decosahexanoic Acid) dan AA (Arachidonnic Acid). Kedua zat ini (dan masih banyak zat-zat lain yang bermanfaat) terkandung dalam ASI dengan komposisi yang benar-benar pas bagi anak.

Jauhkan Stres
Penelitian Victor Caririon dari Stanfort Univerity Medical Center (AS) menungkapkan tekanan yang berlebihan membuat seseorang mengalami stress, termasuk anak-anak. Stres mengakibatkan anak sulit berkonsentrasi, tak bisa tenang dan gagal menunjukkan kinerja otak yang optimal. Lantara itu, tidak dibenarkan jika orang tua menuntut anak terlalu tinggi. Yang diperlukan adalah pola asuh penuh kasih saying tetapi tetap dengan batasan.

YUK MENGENAL SENAM OTAK

Senam otak atau lebih dikenal dengan brain gym, sebenarnya adalah sentuhan dan gerakan-gerakan tubuh yang bisa merangsang kerja dan berfungsinya otak secara optimal. Gerakan itu dibuat untuk merangsang otak kiri dan kanan (dimensi lateralitas);meringankan atau merelaksasi belakang otak dan bagian depan otak (dimensi pemfokusan); merangsan system yang terkait dengan perasaan/emosional, yakni otak tengah (limbis) serta otak besar(dimensi pemusatan). Kalau kinerja kedua belahan otak bisa seimbang, diharapkan kemampuannya jadi optimal. Coba bayngkan, bagaimana kalau asing-masing belahan otak berkembang”sendiri-sendiri’, tertunya tidak akan terjadi keselarasan. Ketidakselarasan kerja otak juga akan mengakibatkan anak mengalami berbagai hambatan, terutama pada proses belajarnya kelak disekolah. Ada beragam manfaat lain dari senam otak ,yaitu:

  1. Mengasah sensitifitas telinga untuk mendengar sehingga kemampuan pendengarannya makin tajam serta mengaktifkan formation reticularis yaitu kemampuan menyaring suara yang mengganggu.
  2. Merangsang bagian otak yang menerima informasi (receptive ) dan bagian yang menggunakan informasi (expressive) sehingga memudahkan proses mempelajari hal-hal baru dan meningkatkan daya ingat.
  3. Mengembalikan vitalitas otak setelah serangkain aktifitas yang melelahkan, mengusir stress, meningkatkan konsentrasi dan perhatian serta meningkatkan kemampuan memahami dan berfikir rasional.
  4. Mengaktifkan otak untuk peningkatan oksigen agar otak berfungsi secara efisien dan relaks.
  5. Menigkatkan perhatian dan daya penglihatan. Juga memilah informasi pandangan yang dating dari kiri atau kanan.
  6. Memperbaiki komonikasi lisan dan ekpresif serta meningkatkan kemampuan untuk memilah informasi.
  7. Mengaktifkanotak rasa keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan kemampuan mengorganisasi dan meningkatkan energi.
  8. Mengoptimalkan ketrampilan motorik halus, memperbaiki sikap tubuh, meningkatkan energi, mengurangi stress visual dan relaksasi tengkuk serta bahu.
  9. mengurangi mabuk perjalanan dan tekanan di kuping karena perubahan ketinggian.

YANG PELU DIKETAHUI TENTANG SENAM OTAK

1. Cocok untu segala usia . Ajarkan senam ini sejak dini kepada si kecil, kemampuannya lebih baik dan ia bisa lebih mudah menerima pembelajaran –pembelajaran dan sesuatu yang bar dengan baik.
2. Gerakan-gerakan senam otak bisa dilakukan (secara sempuna) oleh anak yang sudah mampu mengordinasikan motorik kasar. Pada anak yang belum mampu, seperti batita, memperkenalkan senam otak boleh-boleh saja, namun tak perlu memaksanya untuk melakukan gerakan sempurna.
3. Untu anak usia sekolah senam ini merupakan salah satu sarana Bantu dalam menerima pelajaran yang diajarkan oleh guru di sekolah maupun orang tua di rumah. Anak dapat lebih bersemangat dan lebih ceria dalam menjalaninya. Stres, agresivitas dan hiperaktif anak akan jauh berkurang.
4. Manfaat senam otak dapat dirasakan dengan cepat(lansung bisa dirasakan)misalnya anak bisa kelihatan lebih segar, lebih mudah berkonsentrasi dlam menerima masukan atau ilmu.
5. Bisa dilakukan tiga kali sehari dalam waktu 10-15 menit setiap kali melakukannya. Yang penting perhatikan hal-hal berikut ini :
a. Anak tidak dalam keadaan terpaksa(dia tampak menikmati saat melakukannya).
b. Lakukan persiapan dahulu misalnya minum air putih yang cukup supaya system metabolisme bekerja dengan baik.
c. Lakukan senam secara berurutan supaya manfaatnya bisa didapat secara maksimal.
d. Lakukan senam secara teratur setiap hari dengan melakukan beberapa variasi gerakan.
6. Untuk pakaian disarankan kaos atau pakaian biasa yang terasa nyaman bukan busana ketat atau yang membuat tubuh tidak dapat bergerak bebas, seperti kemeja, pakaian gaun pesta anak-anak dll. Tidak harus selalu menggunakan sepatu maupun kaos kaki agar anak bisa merasakan lantainya.
7. Gerakan brain gym pada beberapagerakan akan ditemukan overlapping(terjadi berulang kali). Maksudnya, gerakan yang ada pada satu menu gerakan bisa muncul lagi pada menu yang lain. Atau gerakan yang ada pada usia batita bisa saja muncul pada senam otak bagi batita atau usia sekolah (namun umumnya lebih kompleks).
8. Persamaan gerakan tadi disebabkan adanya beberapa perkembangan yang memang membutuhkan syarat gerakan yang sama. Misal, untuk menstimulasi kemampuan bicara anak batita diperlukan konsentrasi. Sementara untuk meningkatkan kemampuan berfikir si prasekolah juga dibutuhkan konsentrasi. Nah, untuk konsentrasi dibutuhkan garis tengah tubuh sehingga gerakan brain gym yang dilakukanpun sama.
9. Yang diutamakan pada gerakan brain gym adalah kualitas gerakannya bukan kuantitasnya. Jadi kalau si batita saat melakukan satu gerakan saja membutuhkan waktu 15 menit pun tak masalah. Bahkan oke-oke saja kok bila untuk memperlancar gerakantadi ditargetkansatu minggu.
10. Alangkah baik saat melakukan gerakan senam otak diiringi dengan alunan musik, terutama musik klasik. Jenis musik ini telah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi dan menstimulus kerja otak dengan baik.
11. Senam otak dapat juga dilakukan sambil bermain atau melakukan aktifitas sehari-hari. Contoh, untuk melatih kemampuan menulis anak kelas 1 SD gerakan yang dapat dilakukan adalah memeras jeruk atau meremas bola lunak/elastis. Gerakan seperti itu, mudah dilakukan dan efektif karena dapat membuat jari-jemari anak menjadi lentur dan kuat yang akhirnya memudahkan ia untuk berlatih menulis halus dengan baik.
12. Beberapa permainan tradisional juga kaya akan gerakan untuk menstimulasi otak. Contoh permainan dampu atau galah asin. Gerakan melompat dengan satu kaki pada permainan dampu mampu merangsang sel syaraf otak untuk aktif. Atau, gerakan siaga dalam permainangalah asin juga memberikan rangsangan pada otak untuk dapat mengontrol tubuh secara keseluruhan dan tepat.

1 komentar:

lo, mana cara gerakan senamnya? kok cuma teorinya aja

Posting Komentar