Jumat, 29 Januari 2010

Sekilas Tentang Otak

Allah menciptakan manusia dengan dibekali otak sebagai supercomputer biologis yang tidak seorangpun mampu menirunya. Superkomputer biologis ciptaan Allah ini merupakan organ yang sangat vital karena otaklah yang mengatur seluruh system yang ada pada tubuh manusia sehingga tetap berjalan serasi dan seimbang.

Menurut buku Quantum Learning, “ Otak manusia adalah massa protoplasma yang paling komplek yang pernah dikenal di alam semesta ini. Ini satu-satunya organ yang berkembang sehingga ia dapat mempelajari dirinya sendiri. Jika dirawat oleh tubuh yang sehat dan lingkungan yang menimbulkan rangsangan, otak yang berfungsi dapat tetap aktif dan reaktif selama lebih seratus tahun.”

Penelitian mengenai otak ini terjadi pada tahun 1960-an dan 1970-an, saat Roger Sperry ( guru besar psikologi di Institut teknologi California )menemukan otak manusia terdiri dari 2 belahan yaitu otak kiri dan otak kanan. Masing-masing belahan otak itu mengendalikan proses yang berlainan. Penemuan Sperry ini dianugerahi Hadiah Nobel pada tahun 1981.

Masih menurut Sperry bahwa belahan otak kanan dan otak kiri memiliki spesialisasi dalam kemampuan tertentu, walaupun ada beberapa persilangan dan interaksi antara kedua belahan.
• Otak kanan, pengembangan potensinya dengan melatih mengoptimalkan fungsi-fungsi otak kanan seperti seni, imajinasi, sosialisasi, menggambar, bernyanyi/mendengarkan musik/lagu, kegiatan social alam/keindahan dll. Diperlukan keseimbangandengan otak sebaliknya (otak kiri) dengan cara melath logika dan membuat perencanaan terstruktur. Sementara kecenderungan kariernya adalah : Pengusaha/wirausaha/Bisnis, pekerja/pegawai yang kerjaannya memberikan kebebasan berkreasi dan tidak terlalu administrative/procedural, pekerja mediator, public relation, guru/pelatih, konsultan/konseling, marketing, design artistic, entertainer dll.
• Otak kiri, pengembangan potensinya dengan melatih pengoptimalan fungsi-fungsi otak kiri seperti matematika, computer, logika dan penelitian ilmiah. Dan kecenderungan kariernya adalah Ilmuwan/Engineer, CEO/manajerial, pekerja/pegawai yang kerjaannya membutuhkan ketelitian, perencanaan, administrative dan procedural tinggi, supervisor/quality control, akuntan, konsultan perencanaan, administrasi, arsitek dll.

Menurut Dr. Paul Maclean, ada 3 bagian otak menurut fungsinya dan ketiganya memiliki tugas dan struktur tertentu :
• Batang otak / sumsum tulang belakang (reptilian) berfungsi mengatur kelangsungan hidup, bernafas, makan dan minum.
• Otak kecil (mamalia/system limbic) : bagian otak yang mendapat rangsangan batang otak sehingga otak kecil berfungsi sebagai pusat pengontrol dan pengendalian gerakan menjadi terkoordinasi dengan baik dan trampil. Ia juga mengendalikan emosi dan perasaan.
• Otak besar (Neokorteks) berfungsi melakukan penalaran berfikir secara intelektual, imajinasi dan kreasi. Disamping itu ia merupakan komponen kecerdasan tertinngi.

Cara kerja otak :
1. Kinerja Otak kanan dan otak kiri tidak ON-Off (yang satu in kemudian yang lainnya Off)
2. Otak kanan dan otak kiri saling komplementer (saling mengisi)
3. Yang dominant tidak berarti meniadakan yang lain.

Bila kita lihat dari pertumbuhan dan perkembangan otak itu sendiri, otak mulai terbentuk dari trimester pertama kehamilan dan mengalami pertumbuhan yang cepat sejak kelahiran sampai usia 2 tahun dan proses regenerasi sel otak akan berakhir pada usia 4 tahun. Pertumbuhan yang pesat terjadi pada usia kehamilan bulan ke 2 sampai bulan ke 4 dan setelah lahir antara bulan ke 5 sampai ke 18. Indikasi tersebut dapat dilihat dari berat otak yang ketika lahir 400 gram menjadi 1000 gram ketika mencapai usia 18 bulan, hampir menyamai otak dewasa (+/-1500 gram). Dengan demikian waktu pertumbuhan sel-sel otak sangat singkat waktunya.

Otak terdiri dari jaringan sel-sel yang berdiri sendiri dan system susunan saraf, sedangkan otak yang dioptimalkan diperkirakan jumlah sel otak/neuron mencapai 100 milyar. Setelah usia 4 tahun, yang akan mengalami pertumbuhan adalah cabang-cabang dari sel otak dengan hubungan antar sel yang akan terus bertambah rumit, apabila sel otak diberikan rangsangan yang positif dan adanya pengulangan.

Pada usia 4 tahun struktur neuron motor sensorik dan kognitif emosional berkembang 80% sampai usia 9 tahun dan beratnya menyamai otak dewasa. Salah seorang pakar mengatakan bahwa dari usia 0-4 tahun otak mengalami pertumbuhan dan perkembangan sampai 50%, pada usia 4-8 tahun mencapai 30% dan dari usia 8 – 18 tahun mencapai 20%.

Begitulah pertumbuhan dan perkembangan otak manusia sungguh menakjubkan, apabila otak senantiasa dirangsang dan dioptimalkan walau berapapun usianya, maka otak tersebut akan membentuk lebih banyak akson-akson pada setiap dendrite yang akan meningkatkan jumlah total hubungan –hubungan yang terdapat di dalam otak manusia. Pendapat ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Profesor Mark Rozenweig. Hal ini menggugurkan anggapan bahwa semakin bertambah usia maka akan semakin berkurang kemampuan otak untuk dikembangkan.

Pada masa ini, banyak sekali penelian tentang otak yang dikembangkan salah satunya adalah kemampuan manusia untuk berfikir dan mengolah informasi tidak didasarkan atas besarnya ukuran otak melainkan berdasarkan banyaknya sel-sel neuron yang aktif.

Baru-baru ini pula ada penemuan/penelitian tentang mengaktifkan otak tengah, otak tengah yang berfungsi untuk keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri ini, diharapkan sama-sama bisa dioptimalkan.
Begitulah sekilas info mengenai “otak”semoga bermanfaat buat anda. Salam (n)

0 komentar:

Posting Komentar